PENYEBAB TELAPAK TANGAN DAN KAKI ANAK KUNING

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Rasanya dada seperti ditiban batu kali ga bisa nafas, seluruh tubuh lemes, liat si mas sekujur tubuh nya kuning, kejadian ini pas di malam minggu, yang tadinya mau satnite tapi liat anak kondisinya begitu langsung ga nafsu ngapa-ngapain. Ga ngerti deh kalau anak kenapa napa rasanya mami mau die aja, ya allah.

Akhirnya mami WA tante yang seorang dokter, kirimin foto kondisi si mas, sitante bilang coba cek putih matanya (sklera), kuku, pipis nya. Tapi alhamdulillah normal, mami takut si mas hepatitis, karena hampir sama gejalanya kan mom, Kita tunggu sampai hari senin, karena baru ada dokter anak nya hari itu dan mami mau liat perkembangannya si mas dulu, dicek semuanya sama dokter dan dokter bilang pigmen karoten ditubuhnya tinggi (carotenemia). Nah si karoten ini dihasilkan oleh buah yang berwarna orange dan bisa juga  dijumpai disayuran berwarna hijau.

Untuk memastikannya dokter menyarankan tes urin, dan alhamdulillah hasilnya juga baik semua mom. Ya allah rasanya lega banget, hasil lab negative semua, ga tau ya semenjak suka liat medsos pikiran mami tuh jadi lebay.







Menurut artikel yang mami baca di mbah Google, ini dia penjelasan kenapa telapak tangan dan kaki anak bisa kuning.
  • karoten adalah pigmen yang dihasilkan oleh buah yang berwarna orange (labu kuning, wortel, pepaya, ubi kuning, bisa juga ditemukan pada sayur yang berwarna hijau (bayam, brokoli dll). Semakin gelap warna hijau nya maka semakin tinggi karotennya.
  • Karoten meningkat pada makanan yang sudah dimasak atau dilembutkan (pure) karena pengolahan tersebut menghancurkan serat, biasanya carotenemia terjadi pada anak dan baby karena makanan mereka masih lembut.
  • warna kuning yang mencolok bisa kita lihat ditelapak tangan dan kaki, sedangkan putih mata (sklera) tidak akan berwarna kuning nah disini kita bisa bedain antara kuning karena karoten atau karena liver
  • Gejala ini biasanya hilang 2-6 minggu dan kondisi seperti ini sifatnya ringan, tapi jika ingin memastikan bisa konsultasi kedokter ya mom untuk pemeriksaan fisik.
Cara Mengatasinya :
  • Perbanyak minum air putih
  • Mengurangi makanan yang bersumber karoten
  • Atur pola makananan yang bergizi dan nutrisi yang seimbang
Nah sebab musabab si mas begini karena mas pernah sembelit, jadi mami terlalu over kasih dia pepaya, bayam, mangga dengan maksud agar PUP nya lancar. Bisa dibaca mom sembelitnya mas di Link ya. Eh malah kejadian begini deh, pelajaran buat mami banget. Untuk momi semua selalu perhatikan konsumsi makanan dan minuman sang buah hati yah, jangan terlalu over dan jangan kurang juga. Semoga allah selalu kasih anak-anak kita sehat Aamin.
Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisannya atau penjelasannya, semoga jadi bahan koreksi untuk mami ya moms.


Terima kasih
Kecup Manja

Komentar

Postingan Populer