ANAK TIDAK SUKA MINUM AIR PUTIH

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Berapa sih kebutuhan cairan pada tiap anak, menurut Link setiap anak berbeda kebutuhan cairannya, tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitasnya. Tapi kita sebagai orang tua harus pastikan bahwa anak mendapatkan cairan sesuai dengan kebutuhannya. 

Langsung ke topik saja ya mom, sebelum membiasakan anak-anak minum air putih, wah sering banget mereka Panas, demam, batuk, pilek, radang, karena aktivitasnya yang sudah banyak, apalagi anak-anak sudah sekolah, ditambah lagi kegiatan main dirumah, TPA, sedih rasanya mom kalau anak bolak balik panas, ya begitu deh mom kalau adam dan bilaal kurang air putih.

Pernah pengalaman mami, dari jakarta ke yogyakarta naik kereta makan waktu 8 jam, kondisinya malam hari, full ac super dingin, anak-anak drop shay, panas lagi panas lagi, sampai kesel bolak balik ke dokter mulu, akhirnya ketemu salah satu dokter umum deket rumah, beliau cuma saranin kasi anak-anak air putih, mereka dehidrasi, whaattt ga kepikiran banget kalau mereka bisa dehidrasi (jangan ditiru ya mom) ya karena full aktivitas, suhu dingin dan minumnya kurang. Dan pernah mami coba juga mom, ke jakarta naik kereta, sepanjang jalan tak jejelin air putih terus, alhamdulillah fit mom. the power of air putih emang the best banget.

Sampai saat ini ga pernah ketinggalan air putih nya mom dan mami punya target per anak berapa botol perharinya, kalau mereka males pakai gelas, karena harus bolak balik isi air, aku akalin dengan sediain di botol minumnya karena isi nya lebih banyak, letakkan sebelah anak biar dia inget kalau harus minum terus, dan kalau pergi-pergi juga mami lakukan hal yang sama, bawa minum.

Dan air putih ini banyak banget manfaatnya untuk tubuh, mas adam pernah pengalaman sembelit mom, karena minum susu terlalu banyak dan salah satunya juga kurang air putih, momi bisa baca cerita sembelitnya mas adam di Link , alhamdulillah semua sudah teratasi.

Ini dia tandanya mas adam dan abang bilaal kalau kurang air putih mom :
  1. Pipisnya keruh
  2. Lemas
  3. Badannya panas, disusul batuk, pilek dan panas
  4. Dehidrasi
  5. Bibirnya kering dan pecah-pecah, radang tenggorokkan
  6. Sembelit
Dan kalau masalah air putih ini dibiarkan, akan menimbulkan berbagai macam keluhan lainnya mom, yuk kita cepat atasi sebelum terlambat dan mulai membiasakan. Nah ini dia beberapa langkah agar memudahkan kita sebagai orang tua untuk membiasakan anak konsumsi air putih, cekidot mom.

Hal yang mami lakukan agar anak-anak terbiasa minum air putih:
  1. Beri contoh kepada anak, Hal sepele tapi ngaruh banget mom, anak akan meniru perilaku kita, begitu juga kebiasaan orang tua nya, mau anak rajin minum air putih? mulailah dari orang tuanya dulu ya.
  2. Ajak aktifitas yang membuat mereka haus mom, tapi jangan tawarin mereka susu ya.
  3. Kurangi konsumsi susu/teh manis dll. 
  4. Untuk memulai bisa dengan memberi buah-buahan yang mengandung banyak air, semangka, melon, belimbing atau bisa juga bikin infused water.
  5. Sediakan selalu air putih di botol minumnya/gelas, baik dirumah atau pun sedang berpergian mom, jangan lupa selalu membawa air putih.
  6. Selalu diingatkan.
  7. Agar mereka tertarik coba dengan memberikan gelas/botol karater lucu yang disukai anak.
  8. Usaha terus ya mom, walapun awalnya drama korea, tapi inshaallah nanti mereka terbiasa.
Semoga bermanfaat ya mom, kisah-kisah ini berdasarkan sepengalaman mami dan semoga bisa di ambil sisi baiknya, dan yang jelek jangan ditiru ya, mami hanya mau share, masih terus belajar menjadi yang terbaik untuk anak.

salam daun kelor, jangan telat makan moms!!!

Komentar

Postingan Populer